Jumat, 23 September 2016

Universitas Abdurrab Pekanbaru Kampus Umum Berbasis Islam

Nuansa Islam di Tanah Melayu Riau terutama pekanbaru begitu nampak di banyak sudut. Anak-anak sekolah yang muslimah wajib menggunakan kerudung, hal yang jauh berbeda dari yang kurasakan ketika aku mengenyam pendidikan di Jakarta. Jakarta berkerudung adalah keputusan yang sangat personal, ya meskipun disini selepas sekolah usai pun, banyak juga siswi yang melepas kerudung mereka.

Nuansa ini pun tak luput dari aturan kampus kami, mahasiswi muslim diminta untuk berpakaian syar'i dengan berkerudung dan mengenakan rok sedang yang non muslim perempuan mengenakan rok, kemeja tanpa kerudung, bagi laki-laki celana panjang dan kemeja so pasti gak pakai kerudung ya guys...

Nah yang unik dari hal ini adalah dimana kebanyak kampus di Tanah Melayu terutama pekanbaru berbasis islam dan mewajibkan bagi mahasiswa eh mahasiswi deh dari kampus tersebut baik muslim maupun non muslim untuk berkerudung namun tidak dengan Universitas Abdurrab. Seperti yang ku sebutin di atas guys di kampus ini gak memaksakan kamu-kamu yang nonmuslim specialy yang perempuan untuk pakai kerudung. Human differences dihargai dan ditempatkan sesuai posisinya dengan baik. Hal-hal terkait materi keagamaan memang telah disusun oleh pihak kampus namun bukan sebagai pengelompokan melainkan penyatuan baik dosen, mahasiswa dan karyawan yang berada dalam Islam ahlus sunah. Bahkan disini ada juga yang pakai cadar and lagi-lagi gak da diskriminasi. Karena bagi kami di univrab, kami adalah keluarga bersar. #smile :)
 
See logo kampusnya jelas banget dong ya kampus ni bernuansa islam, tapi kampus ini tidak menutup diri hanya bagi pelajar muslim. Seperti motonya "Selamatkan Riau dengan Pendidikan" okeh banget dehh Bpk Prof Tabrani kita, oia beliau inilah yang mendirikan Universitas Abdurrab.

Nuansa keislaman di kampus ini bukan cuma luaran loh ya tapi juga mendapatkan porsi khusus untuk pendidikan agama islamnya, dengan di tambahkannya 4 SKS untuk mata kuliah Al-Islam diluar dari 2 SKS formal Pendidikan Agama Islam. Belum cukup sampai disitu masih ada mentoring juga dari universitas sebagai wujud pembinaan berkelanjutan bagi mahasiswa-mahasiswi di kampus kami. Boring?? gak juga, paling adalah yang agak ngantuk karena cape seharian ngampus tapi asik kok sebenernya karena dosen-dosen kita juga membangun hubungan kekeluargaan dengan kita jadi ga da istilah killer yeeeyyy hurray hip hip hurray.

Tertarik ? Ayo join bersama kami dan jadilah bagian keluarga kami.
Keluarga Universitas Abdurrab - Selamatkan Riau dengan Pendidikan.

Salam :)
 

1 komentar:

  1. Benar bangeeeettt, aku aja udah bergabung di kampus universitas abdurrab
    my blog psikologily.blogspot.co.id , hihi

    BalasHapus