Sabtu, 15 Januari 2011

Maaf

Begitu sering kita mendengar perkataan tersebut, wajar saja karena sendari kanak-kanak kita memang dibiasakan meminta maaf jika melakukan suatu kesalahan. pendidikan moral yang baik memang tetapi amat disayangkan ketika pendidikan tersebut hanya terealisisasi sedikit saja ketika seseorang telah beranjak dewasa.

Saat terkadang kata maaf dengan mudahnya diobral sebagai suatu sopan santun saja tanpa lagi menjunjung tinggi esensial hakikinya. Maaf adalah suatu pelajaran agar kejadian atau perbuatan serupa tak terjadi. Namun, yang banyak kita jumpai dilapang adalah dimana banyak orang yang mudah mengobral maaf bahkan marah dan cuek ketika seseorang yang disakitinya tidak dapat menerima pernyataan tersebut.

Terkadang yang umum rumusan dalam masyarakat kita yaitu 3 x kesempatan. Dengan merumuskan hal tersebut dapat kita tarik kesimpulan jika seseorang mengulang-ulang kesalahan yang sama sampai 3 x atau malah LEBIH ada kalanya tidak memaafkan itu lebih baik. Agar apat menjadi pelajaran dan tak diulang terhadap orang lain.

Maka ketika anda melakukan sesuatu bicaralah dan nilailah dari diri anda sendiri. Apa anda akan tersakiti jika orang lain yang melakukan hal tersebut terhadap anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar